Apa Itu Hernia

Hernia adalah kondisi medis yang terjadi ketika organ dalam tubuh, seperti usus, lemak, atau jaringan, menonjol melalui celah atau lubang di dinding otot atau jaringan ikat yang seharusnya menahannya. Hernia dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk perut, selangkangan, dan dada.

Hernia didefinisikan sebagai penonjolan abnormal organ intra abdominal yang masih terbungkus peritoneum parietal keluar dari rongga abdomen dan tampak pada permukaan tubuh.

Hernia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

Gejala hernia bervariasi, tergantung pada jenis dan lokasinya. Gejala umum hernia meliputi:

Hernia dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan lokasinya, antara lain:

Hernia biasanya dapat disembuhkan dengan operasi. Operasi hernia bertujuan untuk mengembalikan organ yang menonjol ke tempatnya semula dan menutup lubang yang menyebabkan hernia.

Dalam beberapa kasus, hernia dapat diobati tanpa operasi, yaitu dengan menggunakan korset atau alat penyangga lainnya. Namun, pengobatan ini hanya dapat dilakukan untuk hernia kecil dan tidak menimbulkan gejala yang mengganggu.

Hernia adalah kondisi medis yang dapat terjadi di berbagai bagian tubuh. Hernia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain tekanan pada dinding perut, otot perut yang lemah, atau cedera pada dinding perut. Gejala hernia bervariasi, tergantung pada jenis dan lokasinya. Hernia biasanya dapat disembuhkan dengan operasi.

Apa Itu Hernia dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Anak Berkebutuhan Khusus

Leave a Comment