Berikut Apa Itu Hadits Gharib

Apa Itu Hadits Gharib

  • Pengertian Hadits Gharib
  • Ciri-ciri Hadits Gharib
  • Pembagian Hadits Gharib
  • Kedudukan Hadits Gharib

Hadits gharib adalah hadits yang diriwayatkan oleh seorang perawi secara sendiri. Tidak dipersyaratkan periwayatan seorang perawi itu terdapat dalam setiap tingkatan periwayatan, akan tetapi cukup terdapat pada satu tingkatan atau lebih. Dan bila dalam tingkatan yang lain jumlahnya lebih dari satu, maka itu tidak termasuk hadits gharib.

Ciri-ciri hadits gharib adalah sebagai berikut:

  • Dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang menyendiri dalam meriwayatkannya, baik pada tingkatan sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in, maupun perawi setelahnya.
  • Penyendirian tersebut dapat berupa personalia, yaitu perawi yang bersangkutan memiliki riwayat yang unik dan tidak diriwayatkan oleh perawi lain.
  • Penyendirian tersebut juga dapat berupa karakter, yaitu perawi yang bersangkutan dikenal sebagai perawi yang tidak teliti atau memiliki kecenderungan untuk memalsukan hadis.

Hadits gharib dibagi menjadi dua, yaitu:

Hadits gharib mutlak adalah hadits yang diriwayatkan oleh seorang perawi, baik pada tingkatan sahabat maupun tabi’in.

Hadits gharib nisbi adalah hadits yang diriwayatkan oleh seorang perawi pada tingkatan tertentu, tetapi pada tingkatan yang lain terdapat lebih dari satu perawi yang meriwayatkannya.

Hadits gharib yang shahih dapat dijadikan hujjah, tetapi perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan keshahihan dan keterjagaannya dari pemalsuan.

Berikut adalah contoh hadits gharib:

(HR Bukhari dan Muslim)

(HR Bukhari dan Muslim)

Hadits ini diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud secara mandiri pada tingkatan tabi’in, tetapi pada tingkatan sahabat terdapat lebih dari satu perawi yang meriwayatkannya.

Lihat Juga  Lihat Apa Itu Xl Data Combo Flex

Web"Hadits Gharib adalah hadits yang terdapat seorang rawi yang menyendiri (gharib)". Hadits Gharib sendiri bisa terjadi di dalam sanad saja, di dalam sanad dan. WebSalah satu yang dikenal perintis kajian ilmu gharib al-hadits tersebut adalah seorang ulama pakar bahasa, hadis, fikih, dan sastra sekaligus bernama Abu ‘Ubaid al. WebHadits gharib adalah hadits yang sedikit yang diriwayatkan oleh seorang perawi saja. Baik itu dalam satu tingkatan dari tingkatan – tingkatan sanad (rantai riwayat) atau pada. WebAdapun istilah “hasan gharib” tidak sama dengan istilah hadits hasan. Yang dimaksud dengan hadits hasan gharib adalah hasan (bagus) secara sanad dan tidak. WebDikutip dari buku Ilmu Memahami Hadits Nabi oleh KH. M. Ma'shum, hadits gharib adalah hadits yang dalam mata rantai sanadnya terdapat seseorang yang.

Apa Itu Hadits Gharib

Pembahasan Hadits Gharib – Al I'tishom – Source: Al I'tishom

Apa Itu Hadits Gharib

Pengertian Hadits Gharib Dan Contohnya, Pembagian, Hukum – Source: Pabrik Jam Masjid

Apa Itu Hadits Gharib

Hadits Ghairu Masyhur | HSR – just want to share – Source: HSR – WordPress.com

Apa Itu Hadits Gharib, Hadis Gharib, 41.61 MB, 30:18, 1,680, Niki Alma Febriana Fauzi, 2020-09-28T16:03:52.000000Z, 4, Pembahasan Hadits Gharib – Al I'tishom, Al I'tishom, 576 x 1024, jpg, , 3, apa-itu-hadits-gharib

Apa Itu Hadits Gharib.

Bahan ajar mata kuliah ulumul hadis 1 pada PUTM PP Muhammadiyah dan Prodi Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga Yogykarta.

Pembahasan Hadits Gharib – Al I'tishom

Apa Itu Hadits Gharib, WebAdapun istilah “hasan gharib” tidak sama dengan istilah hadits hasan. Yang dimaksud dengan hadits hasan gharib adalah hasan (bagus) secara sanad dan tidak. WebDikutip dari buku Ilmu Memahami Hadits Nabi oleh KH. M. Ma'shum, hadits gharib adalah hadits yang dalam mata rantai sanadnya terdapat seseorang yang.

Lihat Juga  Simak Apa Itu Gen Di Jkt48

Hadis Gharib

Hadis Gharib

Source: Youtube.com

29. Bentuk ke-16 Hadits Gharib

29. Bentuk ke-16 Hadits Gharib

Source: Youtube.com

Pengertian Hadis Gharib Dalam Infografik

Pengertian Hadis Gharib Dalam Infografik

Source: Youtube.com

Kia Ghareeb Hadith Zaeef Hoti Hai | Ghareeb Hadith ka MATLAB | Engineer Muhammad Ali Mirza

Kia Ghareeb Hadith Zaeef Hoti Hai | Ghareeb Hadith ka MATLAB | Engineer Muhammad Ali Mirza

Source: Youtube.com

Leave a Comment