Apa Itu Anbk Dan Akm

Pengertian ANBK dan AKM

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah asesmen yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengukur capaian peserta didik dalam pembelajaran. ANBK terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah asesmen yang mengukur kompetensi mendasar yang diperlukan oleh peserta didik untuk dapat hidup dan berkontribusi di masyarakat. AKM terdiri dari dua kompetensi, yaitu literasi dan numerasi.

Kompetensi Literasi

Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk teks secara efektif sesuai dengan konteks.

Kompetensi Numerasi

Numerasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan menginterpretasi informasi yang dinyatakan secara numerik, dan memecahkan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Bentuk Soal AKM

Soal AKM terdiri dari berbagai bentuk, yaitu:

* Pilihan ganda
* Pilihan ganda kompleks
* Isian singkat
* Jawaban singkat
* Menjodohkan
* Uraian

Level Kognitif AKM

AKM mengukur capaian peserta didik dalam tiga level kognitif, yaitu:

Tujuan ANBK dan AKM

ANBK dan AKM bertujuan untuk:

ANBK dan AKM adalah asesmen yang penting untuk mengukur capaian peserta didik dalam pembelajaran. AKM mengukur dua kompetensi dasar, yaitu literasi dan numerasi. Soal AKM terdiri dari berbagai bentuk dan mengukur tiga level kognitif. ANBK dan AKM bertujuan untuk mengukur capaian peserta didik dalam pembelajaran, mengevaluasi program dan proses pembelajaran, serta mengembangkan sistem pendidikan nasional.

Video Apa Itu Anbk Dan Akm

Lihat Juga  Apa Itu Nii

Leave a Comment