Apa Itu P5 Sd Kelas 1

Apa Itu P5 Sd Kelas 1 video

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. P5 memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar pada situasi tidak formal, struktur belajar fleksibel, kegiatan belajar yang interaktif dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

P5 adalah singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 merupakan salah satu kegiatan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berkarakter Pancasila. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari 6 dimensi, yaitu:

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia pada tahun 2022. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara holistik dan merdeka belajar.

Kelas 1 SD adalah jenjang pendidikan dasar pertama yang ditempuh oleh peserta didik. Peserta didik kelas 1 SD berusia sekitar 6-7 tahun.

Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan melibatkan mereka dalam memecahkan masalah dunia nyata. Pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan berbagai keterampilan dan kompetensi peserta didik, termasuk keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan bekerja sama.

P5 dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekitar peserta didik. Misalnya, peserta didik dapat melakukan proyek untuk mengurangi sampah plastik, menanam pohon, atau menjaga kebersihan lingkungan.

P5 dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi Profil Pelajar Pancasila. Misalnya, melalui proyek untuk membantu orang lain, peserta didik dapat belajar untuk berakhlak mulia dan gotong royong. Melalui proyek untuk memecahkan masalah, peserta didik dapat belajar untuk berpikir kritis dan kreatif.

Lihat Juga  Apa Itu Valas Bank

P5 adalah kegiatan pembelajaran yang penting bagi peserta didik kelas 1 SD. P5 dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi Profil Pelajar Pancasila, memecahkan permasalahan lingkungan, dan belajar secara aktif dan kreatif.

Leave a Comment