Apa Itu Hb

* Hemoglobin
* Protein
* Sel darah merah
* Oksigen
* Karbon dioksida

Hemoglobin (Hb) adalah protein yang terdapat dalam sel darah merah. Hb memberikan warna merah pada darah dan berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hb juga mengangkut karbon dioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Hb terdiri dari empat rantai protein yang disebut globin. Setiap rantai globin mengandung satu molekul heme, yaitu senyawa yang mengandung zat besi. Zat besi inilah yang memberikan kemampuan Hb untuk mengikat oksigen.

Fungsi utama Hb adalah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hb mengikat oksigen di paru-paru dan melepaskannya ke jaringan tubuh yang membutuhkan. Hb juga mengangkut karbon dioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru-paru.

Kadar Hb normal pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

* Pria: 13-17 gram/dL
* Wanita: 12-15 gram/dL

Kadar Hb yang rendah dapat menyebabkan anemia, yaitu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup oksigen. Anemia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, dan kehilangan darah.

Hb adalah protein penting yang berperan dalam transportasi oksigen dan karbon dioksida di dalam tubuh. Kadar Hb normal harus selalu dijaga untuk mencegah terjadinya anemia.

Apa Itu Hb dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Xuping

Leave a Comment