Apa Itu Informatika Sosial

Definisi

Informatika sosial adalah bidang studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi, termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial dan organisasi. Bidang ini menggunakan pendekatan interdisipliner yang menggabungkan ilmu komputer, ilmu sosial, dan humaniora untuk menganalisis bagaimana teknologi informasi membentuk dan dibentuk oleh masyarakat.

Keyword Silo

Penjelasan

Informatika sosial adalah bidang studi yang relatif baru, yang muncul pada akhir abad ke-20. Bidang ini berkembang seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam masyarakat.

Informatika sosial memiliki dua aspek utama, yaitu:

Informatika sosial menggunakan pendekatan interdisipliner yang menggabungkan ilmu komputer, ilmu sosial, dan humaniora. Ilmu komputer memberikan pemahaman tentang teknologi informasi, ilmu sosial memberikan pemahaman tentang masyarakat, dan humaniora memberikan pemahaman tentang nilai-nilai dan norma-norma sosial.

Pendekatan interdisipliner ini penting untuk memahami bagaimana teknologi informasi membentuk dan dibentuk oleh masyarakat.

Informatika sosial memiliki potensi untuk memberikan dampak positif pada masyarakat. Misalnya, informatika sosial dapat digunakan untuk:

* Meningkatkan pendidikan dan literasi digital
* Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
* Meningkatkan partisipasi politik dan demokrasi
* Meningkatkan keadilan sosial

Informatika sosial adalah bidang studi yang penting untuk dipelajari di era digital saat ini.

Video Apa Itu Informatika Sosial

Lihat Juga  Apa Itu Anbk Smk

Leave a Comment