Apa Itu Dalil

Pengertian Dalil

Dalil adalah keterangan yang dijadikan bukti atau alasan suatu kebenaran, terutama berdasarkan ayat Alquran. Dalil juga dapat diartikan sebagai alasan yang menguatkan kebenaran sesuatu; bukti; keterangan.

Macam-Macam Dalil

Berdasarkan sumbernya, dalil dibagi menjadi dua macam, yaitu:

Fungsi Dalil

Fungsi dalil adalah sebagai berikut:

Alquran

Alquran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran merupakan sumber hukum Islam yang paling utama. Setiap ayat Alquran mengandung hukum atau ajaran yang dapat dijadikan dalil untuk menetapkan hukum Islam.

Hadits

Hadits adalah perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi Muhammad SAW. Hadits merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Alquran. Hadits yang shahih dapat dijadikan dalil untuk menetapkan hukum Islam.

Dalil aqli adalah dalil yang bersumber dari akal pikiran manusia. Dalil aqli dapat digunakan untuk menetapkan hukum Islam yang tidak terdapat dalam Alquran dan Hadits.

Qiyas

Qiyas adalah cara penetapan hukum Islam dengan cara membandingkan suatu masalah dengan masalah lain yang sudah ada hukumnya.

Ijtihad

Ijtihad adalah usaha sungguh-sungguh untuk menetapkan hukum Islam dengan menggunakan dalil-dalil yang ada.

Dalil merupakan salah satu unsur penting dalam penetapan hukum Islam. Dalil digunakan untuk membuktikan kebenaran suatu pernyataan dan sebagai sumber hukum Islam.

Apa Itu Dalil dalam video

Lihat Juga  Apa Itu P5 Merdeka

Leave a Comment