Apa Itu P5 Smk

Apa Itu P5 Smk video

P5 adalah kependekan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang bertujuan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik SMK.

P5 Smk adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang bertujuan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik SMK. P5 Smk dilaksanakan di kelas X dan XI, dengan durasi 96 JP per tahun.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dirancang untuk memberikan keleluasaan bagi sekolah dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan konteks lokal. P5 Smk merupakan salah satu elemen penting dalam Kurikulum Merdeka.

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:

Kegiatan kokurikuler adalah kegiatan yang tidak terintegrasi dengan pembelajaran intrakurikuler, tetapi tetap mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. P5 Smk merupakan salah satu contoh kegiatan kokurikuler.

Projek adalah kegiatan yang melibatkan peserta didik untuk menyelesaikan suatu masalah atau tantangan dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. P5 Smk menggunakan pendekatan projek untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik.

Berikut adalah contoh P5 Smk:

* Memahami dan menghayati budaya tradisional
* Melakukan kegiatan pelestarian budaya tradisional

* Mengadakan diskusi tentang budaya tradisional
* Mencari informasi tentang budaya tradisional
* Membuat produk budaya tradisional
* Menampilkan produk budaya tradisional

P5 Smk memiliki beberapa manfaat, antara lain:

P5 Smk adalah kegiatan penting dalam Kurikulum Merdeka. P5 Smk bertujuan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik SMK. P5 Smk dapat dilakukan dengan berbagai tema dan subtema yang sesuai dengan konteks lokal.

Lihat Juga  Apa Itu Bank Btn

Leave a Comment