Apa Itu P5 Project

P5 Project adalah salah satu bagian penting dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 adalah kegiatan kurikulum berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.

P5 Project adalah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik untuk mengamati, menganalisis, dan memecahkan masalah di lingkungan sekitarnya. P5 Project dapat dilakukan dalam berbagai tema, seperti lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi.

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik Indonesia. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan konteks masing-masing. P5 Project merupakan salah satu elemen penting dalam Kurikulum Merdeka.

Pembelajaran berbasis projek adalah pembelajaran yang berfokus pada penyelesaian masalah dan pembelajaran dari pengalaman. Dalam pembelajaran berbasis projek, peserta didik didorong untuk aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Kompetensi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan sesuatu. P5 Project dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan di abad ke-21, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

Karakter adalah nilai-nilai yang dimiliki oleh seseorang. P5 Project dapat membantu peserta didik mengembangkan karakter yang baik, seperti sikap peduli, tanggung jawab, dan kerja sama.

P5 Project adalah kegiatan penting yang dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. P5 Project dapat dilakukan dalam berbagai tema dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks masing-masing satuan pendidikan.

Apa Itu P5 Project dalam video

Lihat Juga  Apa Itu P5 Di Kurikulum Merdeka

Leave a Comment