Apa Itu Xml

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

XML adalah bahasa markup yang digunakan untuk mendeskripsikan data dalam format teks. Data yang didefinisikan dalam XML dapat berupa teks, angka, tanggal, dan lain-lain. XML bersifat extensible, artinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

XML memiliki beberapa fungsi, antara lain:

* Menyimpan data dalam format yang mudah dibaca dan dipahami oleh manusia maupun mesin.
* Mempermudah pertukaran data antar sistem yang berbeda.
* Meningkatkan kualitas data.
* Mendukung standarisasi data.

XML memiliki struktur yang sederhana dan mudah dipahami. Struktur XML terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan. Setiap elemen memiliki nama dan atribut yang menentukan sifat dari elemen tersebut.

Berikut adalah contoh file XML:

“`xml


The Lord of the Rings
J.R.R. Tolkien
1954


Harry Potter and the Sorcerer’s Stone
J.K. Rowling
1997


“`

XML memiliki berbagai aplikasi, antara lain:

XML sering digunakan untuk pertukaran data antar sistem yang berbeda, seperti sistem e-commerce, sistem informasi, dan sistem keuangan. XML juga sering digunakan dalam pemrograman, seperti untuk mendefinisikan format data, membuat dokumentasi, dan menguji kode. XML juga sering digunakan dalam penerbitan, seperti untuk mendefinisikan format dokumen dan mendistribusikan konten digital. XML juga sering digunakan dalam web development, seperti untuk membuat situs web yang interaktif dan dinamis. XML juga sering digunakan dalam manajemen data, seperti untuk menyimpan dan mengelola data dari berbagai sumber.

XML adalah bahasa markup yang bermanfaat untuk berbagai keperluan, seperti pertukaran data, pemrograman, penerbitan, web development, dan manajemen data.

Lihat Juga  Apa Ujian Anbk

simak Apa Itu Xml dalam sebuah video

Leave a Comment