Apa Itu Ukm

UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah. UKM adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil hingga menengah. UKM bukan anak perusahaan, cabang perusahaan, atau bagian dari perusahaan atau bisnis skala besar.

Pengertian UKM secara umum adalah usaha yang dijalankan oleh perorangan atau badan usaha yang memiliki modal kecil dan menengah. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UKM dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

UKM dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, yaitu:

UKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, yaitu:

UKM memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, yaitu:

UKM menghadapi berbagai tantangan, yaitu:

UKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. UKM memiliki peran penting dalam penyerapan tenaga kerja, pembentukan PDB, pengembangan ekonomi lokal, dan pemberdayaan masyarakat. Namun, UKM juga menghadapi berbagai tantangan, yaitu akses permodalan, akses pasar, akses teknologi, dan akses informasi.

Berikut adalah beberapa contoh UKM di Indonesia:

* Warung makan
* Toko kelontong
* Bengkel
* Jasa laundry
* Usaha kerajinan tangan
* Usaha konveksi
* Usaha kuliner
* Usaha jasa
* Usaha manufaktur
* Usaha perdagangan
* Usaha jasa

UKM memiliki potensi yang besar untuk berkembang dan menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, untuk mendorong pengembangan UKM di Indonesia.

simak Apa Itu Ukm dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Emok

Leave a Comment