Apa Itu Hormon

Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin, disekresikan ke darah, dan dibawa ke jaringan tertentu untuk menghasilkan efek fisiologis sebagai pembawa pesan. Hormon memiliki peran penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, reproduksi, dan tingkah laku.

Hormon tidak dapat bergerak sendiri, sehingga harus diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Hormon akan menempel pada reseptor khusus di sel target, dan kemudian menimbulkan perubahan tertentu pada sel tersebut.

Hormon memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh, antara lain:

Hormon dapat diklasifikasikan berdasarkan struktur kimianya, yaitu:

Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang menghasilkan hormon. Kelenjar endokrin ini tersebar di seluruh tubuh, dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Beberapa kelenjar endokrin utama dalam tubuh manusia adalah:

Keseimbangan hormon dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan. Jika terjadi gangguan hormon, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti:

Hormon adalah zat kimia penting yang memiliki peran vital dalam tubuh. Hormon mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, reproduksi, dan tingkah laku. Gangguan hormon dapat menyebabkan berbagai penyakit, sehingga penting untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Apa Itu Hormon dalam video

Lihat Juga  Apa Itu P5 Kumer

Leave a Comment