Pembahasan Apa Itu Gen Thalasemia

Apa Itu Gen Thalasemia

Thalassemia adalah penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini disebabkan karena berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk hemoglobin utama manusia, yaitu globin. Hemoglobin adalah protein yang terdapat dalam sel darah merah dan berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Gejala thalassemia dapat bervariasi, tergantung pada jenis dan keparahannya. Gejala umum thalassemia meliputi:

  • Anemia, yaitu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  • Kelelahan
  • Pucat
  • Lemah
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Pembengkakan pada persendian dan organ

Ada tiga jenis thalassemia, yaitu:

Thalassemia disebabkan oleh mutasi pada gen yang bertanggung jawab untuk produksi hemoglobin. Mutasi ini diturunkan dari kedua orangtua kepada anak.

Diagnosis thalassemia dapat dilakukan dengan tes darah untuk mengukur kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah.

Pengobatan thalassemia tergantung pada jenis dan keparahannya. Pengobatan thalassemia meliputi:

Pencegahan thalassemia dapat dilakukan dengan tes genetik untuk mendeteksi mutasi gen thalassemia sebelum menikah.

Thalassemia tidak bisa disembuhkan, tetapi dapat diobati untuk mengontrol gejala dan mencegah komplikasi.

Thalassemia tidak menular melalui kontak fisik, tetapi dapat diturunkan dari kedua orangtua kepada anak.

Jika Anda memiliki gejala thalassemia, Anda dapat melakukan tes darah untuk memeriksa kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah.

Saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan thalassemia, tetapi ada beberapa obat yang dapat membantu mengontrol gejala dan mencegah komplikasi.

Thalassemia dapat berbahaya jika tidak diobati. Komplikasi thalassemia dapat meliputi:

Pencegahan thalassemia dapat dilakukan dengan tes genetik untuk mendeteksi mutasi gen thalassemia sebelum menikah.

Lihat Juga  Simak Apa Itu Hadits Dhaif

WEBThalasemia mayor vs thalasemia minor: gejala, penyebab dan cara mencegahnya. tirto.id – Thalasemia adalah kelainan darah bawaan akibat kelainan. WEBKOMPAS.com – Thalassemia atau thalasemia adalah penyakit keturunan kelainan darah yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin). WEBThalasemia merupakan penyakit yang diturunkan dari kedua orang tuanya kepada anak turunnya karena gangguan sintesis pada rantai hemogloblin, Hemoglobin. WEBtirto.id – Penyakit talasemia merupakan penyakit kelainan darah yang diwariskan. Penyakit ini diwariskan karena mutasi genetik atau penghapusan fragmen.

Apa Itu Gen Thalasemia. WEBThalasemia adalah penyakit yang diturunkan, artinya bahwa setidaknya salah satu dari orangtua ada yang membawa penyakit ini. Kondisi ini terjadi akibat mutasi genetik atau.

Apa Itu Gen Thalasemia, WEBKOMPAS.com – Thalassemia atau thalasemia adalah penyakit keturunan kelainan darah yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin). WEBThalasemia merupakan penyakit yang diturunkan dari kedua orang tuanya kepada anak turunnya karena gangguan sintesis pada rantai hemogloblin, Hemoglobin. WEBtirto.id – Penyakit talasemia merupakan penyakit kelainan darah yang diwariskan. Penyakit ini diwariskan karena mutasi genetik atau penghapusan fragmen. WEBApa Itu Thalassemia? Thalassemia adalah kelainan darah bawaan ketika tubuh membuat bentuk hemoglobin yang tidak normal. Hemoglobin adalah molekul protein dalam sel. WEBThalasemia adalah kelainan darah turunan sehingga tubuh memiliki lebih sedikit hemoglobin. Padahal, hemoglobin membantu sel darah merah membawa. WEBApa itu thalasemia? Dilansir Healthline, thalasemia adalah kelainan darah bawaan di mana tubuh membuat bentuk hemoglobin yang tidak normal. Hemoglobin. WEBTalasemia dikenali sebagai gangguan darah diwarisi yang mana menyebabkan badan menghasilkan bentuk hemoglobin yang abnormal.. WEBThalassemia Alfa; Thalassemia alfa adalah suatu kondisi ketika tubuh tidak dapat membuat alpha globin. Untuk membuat alpha globin, Anda harus memiliki empat gen,. WEBApa itu thalasemia mayor? Thalasemia adalah penyakit kelainan genetik yang merusak sel darah merah, sehingga darah tidak dapat menyebarkan oksigen ke seluruh.

Lihat Juga  Berita Apa Itu Rona Dalam Geografi

CITO

Apa Itu Gen Thalasemia

Source: CITO

Dinas Kesehatan Aceh – Pemerintah Aceh

Apa Itu Gen Thalasemia

Source: dinkes.acehprov.go.id

Leave a Comment