Ulasan Apa Itu Gen Thalassemia

Apa Itu Gen Thalassemia

Gen thalassemia adalah gen yang mengalami mutasi, sehingga menyebabkan produksi hemoglobin tidak normal. Hemoglobin adalah protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Ada dua jenis gen thalassemia, yaitu alpha thalassemia dan beta thalassemia.

Gejala gen thalassemia tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya.

* Anemia * Kelelahan * Pucat * Penumpukan zat besi di dalam tubuh * Pembesaran hati dan limpa * Gangguan pertumbuhan * Keterlambatan perkembangan 

Diagnosis gen thalassemia dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah, seperti:

  • Tes hemoglobin
  • Tes elektroforesis hemoglobin
  • Tes DNA

Pengobatan gen thalassemia tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya.

* Transfusi darah * Terapi zat besi * Pengobatan dengan gen terapi 

Gen thalassemia adalah penyakit genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anak. Jika kedua orang tua membawa gen thalassemia, maka ada kemungkinan anak mereka akan menderita penyakit ini.

Gen thalassemia tidak dapat dicegah. Namun, dapat dilakukan tes genetik untuk mengetahui apakah seseorang membawa gen thalassemia. Jika diketahui membawa gen thalassemia, maka pasangan dapat berkonsultasi dengan dokter untuk perencanaan kehamilan.

Gen thalassemia tidak dapat disembuhkan. Namun, dapat dikelola dengan pengobatan yang tepat. Orang dengan gen thalassemia perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memantau kondisi mereka.

webApa Itu Thalassemia? Thalassemia adalah kelainan darah bawaan ketika tubuh membuat bentuk hemoglobin yang tidak normal. Hemoglobin adalah molekul protein dalam sel. weba. Thalasemia mayor. Penderita thalassemia mayor didiagnosis dengan adanya anamnesis. Anamnesis merupakan riwayat penyakit keluarga yang mempunyai. webPrint. Thalassemia is an inherited (i.e., passed from parents to children through genes) blood disorder caused when the body doesn’t make enough of a protein called hemoglobin, an. webThalassemia adalah penyakit keturunan yang artinya bahwa kondisi ini diturunkan atau diwarisi oleh salah satu dari kedua orang tua Anda. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi.

Lihat Juga  Perlu kita lihat Apa Yang Dimaksud Denial Justice

Apa Itu Gen Thalassemia.

Apa Itu Gen Thalassemia, webPrint. Thalassemia is an inherited (i.e., passed from parents to children through genes) blood disorder caused when the body doesn’t make enough of a protein called hemoglobin, an. webThalassemia adalah penyakit keturunan yang artinya bahwa kondisi ini diturunkan atau diwarisi oleh salah satu dari kedua orang tua Anda. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi. webtirto.id – Thalasemia adalah kelainan darah bawaan akibat kelainan hemoglobin. Menurut Mayo Clinic, bila Anda mengidap thalasemia, maka tubuh akan. webThalasemia adalah penyakit yang diturunkan, artinya bahwa setidaknya salah satu dari orangtua ada yang membawa penyakit ini. Kondisi ini terjadi akibat mutasi genetik atau. webThalassemia adalah penyakit kelainan darah yang menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi dengan baik. Thalassemia. webThalasemia adalah kelainan darah turunan sehingga tubuh memiliki lebih sedikit hemoglobin. Padahal, hemoglobin membantu sel darah merah membawa. webKOMPAS.com – Thalassemia atau thalasemia adalah penyakit keturunan kelainan darah yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan. webPengertian. Apa itu thalasemia mayor? Thalasemia adalah penyakit kelainan genetik yang merusak sel darah merah, sehingga darah tidak dapat menyebarkan. webThalasemia merupakan penyakit yang diturunkan dari kedua orang tuanya kepada anak turunnya karena gangguan sintesis pada rantai hemogloblin,.

Dinas Kesehatan Aceh – Pemerintah Aceh

Apa Itu Gen Thalassemia

Source: dinkes.acehprov.go.id

CITO

Apa Itu Gen Thalassemia

Source: CITO

Leave a Comment