Apa Itu Wasir

Wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah di sekitar anus dan bagian bawah usus besar (rektum). Kondisi ini dapat menyebabkan rasa mengganjal atau nyeri di area dubur dan keluar darah saat buang air besar.

Wasir atau ambeien (hemoroid) adalah kondisi medis yang terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau rektum. Wasir dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh orang berusia di atas 50 tahun.

Berdasarkan lokasinya, wasir dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Wasir dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

Gejala wasir dapat bervariasi, tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Gejala umum wasir meliputi:

Diagnosis wasir dapat ditegakkan berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik. Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan pasien, termasuk kebiasaan buang air besar dan riwayat penyakit keluarga. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat kondisi anus dan rektum.

Pengobatan wasir tergantung pada tingkat keparahannya. Wasir ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan pengobatan non-bedah. Pengobatan non-bedah yang dapat dilakukan meliputi:

Wasir yang parah atau tidak membaik dengan pengobatan non-bedah biasanya memerlukan penanganan bedah. Operasi wasir dapat dilakukan dengan berbagai metode, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan wasir.

Wasir dapat dicegah dengan berbagai cara, antara lain:

Semoga informasi ini bermanfaat.

simak Apa Itu Wasir dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Rdn

Leave a Comment