Apa Itu Kalori

Kalori adalah unit energi yang digunakan untuk mengukur jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsi-fungsinya. Kalori diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

* Pengertian kalori
* Satuan kalori
* Fungsi kalori
* Asupan kalori
* Kekurangan kalori
* Kelebihan kalori

Kalori adalah unit energi yang digunakan untuk mengukur jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsi-fungsinya. Kalori diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ada dua satuan kalori, yaitu kalori kecil (kal) dan kilokalori (kkal).

* Kalori kecil (kal) adalah satuan energi dasar yang digunakan dalam ilmu kimia. Satu kalori kecil sama dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1 derajat Celcius pada tekanan 1 atmosfer.
* Kilokalori (kkal) adalah satuan energi yang lebih umum digunakan dalam ilmu gizi. Satu kilokalori sama dengan 1.000 kalori kecil.

Kalori digunakan tubuh untuk berbagai fungsi, antara lain:

* Menjaga suhu tubuh tetap stabil
* Melakukan aktivitas fisik
* Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
* Menghasilkan tenaga

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik.

Secara umum, kebutuhan kalori pria dewasa adalah sekitar 2.500 kalori per hari, sedangkan kebutuhan kalori wanita dewasa adalah sekitar 2.000 kalori per hari.

Kekurangan kalori dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi untuk melakukan fungsi-fungsinya. Gejala kekurangan kalori antara lain:

* Kelelahan
* Lemah
* Mudah sakit
* Gangguan metabolisme

Kelebihan kalori dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak. Kelebihan lemak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, antara lain:

* Obesitas
* Penyakit jantung
* Stroke
* Diabetes

Kalori adalah unit energi yang penting untuk tubuh. Asupan kalori yang cukup dan seimbang akan membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Apa Itu Kalori dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Wishlist

Leave a Comment