Perihal Apa Itu Genosida

Apa Itu Genosida

Genosida adalah tindakan sistematis yang dilakukan untuk menghancurkan, seluruhnya atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras atau agama. Tindakan ini dilakukan dengan maksud untuk melenyapkan kelompok tersebut sebagai suatu kesatuan.

  • Genosida adalah kejahatan internasional yang diatur dalam Konvensi Genosida 1948.
  • Genosida merupakan salah satu kejahatan paling serius yang dapat dilakukan terhadap umat manusia.
  • Genosida telah terjadi di berbagai tempat di dunia, dari masa ke masa.

Tindakan yang termasuk genosida adalah:

  • Membunuh anggota kelompok;
  • Menyebabkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota kelompok;
  • Menciptakan kondisi kehidupan yang dimaksudkan untuk mengakibatkan kemusnahan fisik kelompok, baik seluruhnya atau sebagian;
  • Memindahkan anak-anak dari kelompok ke kelompok lain secara paksa.

Tidak, genosida dapat terjadi pada kelompok yang berbeda etnis, agama, atau kebangsaan.

Tidak, genosida dapat terjadi di masa damai.

Ya, genosida dapat terjadi di negara manapun, termasuk negara yang memiliki sistem hukum dan tatanan sosial yang baik.

Beberapa contoh genosida yang terjadi dalam sejarah adalah:

  • Holocaust, pembantaian terhadap orang Yahudi oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II.
  • Genosida Armenia, pembantaian terhadap orang Armenia oleh Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I.
  • Genosida Rwanda, pembantaian terhadap etnis Tutsi oleh etnis Hutu di Rwanda pada tahun 1994.
  • Genosida Darfur, pembantaian terhadap etnis Darfur oleh pemerintah Sudan pada tahun 2003 hingga sekarang.

Genosida adalah kejahatan yang sangat serius dan tidak boleh terjadi lagi. Kita semua harus bekerja sama untuk mencegah genosida terjadi di masa depan.

Web ResultGenosida merupakan penghabisan orang-orang dalam suatu kelompok tertentu. Tindakan genosida dapat meliputi: Membantai anggota. Web ResultKOMPAS.com – Genosida merupakan suatu peristiwa yang menyebabkan sekelompok orang dari latar belakang sama meninggal dunia.. Web ResultBerikut ini penjelasan arti genosida dan sejarahnya di dunia. tirto.id – Serangan Israel terhadap warga Palestina dituding merupakan bentuk genosida.. Web ResultGenosida adalah bentuk kejahatan pembunuhan massal dengan tujuan memusnahkan sekelompok manusia. Kejahatan genosida terjadi dengan latar. Web ResultMahkamah Internasional, International Court of Justice, ICJ, di Den Haag, Belanda, memerintahkan Myanmar mengambil langkah-langkah untuk. Web ResultGenosida adalah sisi kelam dari hilangnya rasa kemanusiaan oleh sebagian pihak. Dalam genosida terjadi aksi memusnahkan sekelompok.

Lihat Juga  Contoh Dalil Naqli

Apa Itu Genosida. Web ResultSehingga, genosida adalah penghancuran yang disengaja dan sistematis terhadap sekelompok orang karena etnis, kebangsaan, agama, atau rasnya. Istilah itu diciptakan oleh Raphael Lemkin, seorang ahli hukum kelahiran. Web ResultGenosida didefinisikan sebagai: [G]enosida berarti tindakan apa pun berikut ini yang dilakukan untuk menghancurkan, seluruhnya atau sebagian, suatu kelompok.

Apa Itu Genosida, Web ResultGenosida adalah bentuk kejahatan pembunuhan massal dengan tujuan memusnahkan sekelompok manusia. Kejahatan genosida terjadi dengan latar. Web ResultMahkamah Internasional, International Court of Justice, ICJ, di Den Haag, Belanda, memerintahkan Myanmar mengambil langkah-langkah untuk. Web ResultGenosida adalah sisi kelam dari hilangnya rasa kemanusiaan oleh sebagian pihak. Dalam genosida terjadi aksi memusnahkan sekelompok. Web ResultApa itu genosida? Raphael Lemkin, seorang pengacara berkebangsaan Polandia dan Yahudi, pertama kali menciptakan istilah “genosida”. Web ResultPeristiwa pembersihan etnis Armenia disertai genosida itu dimulai pada 24 April 1915, tepat hari ini 104 tahun lalu. Diperkirakan 600.000 sampai. Web ResultBerdasarkan Konvensi Genosida PBB tahun 1948, genosida adalah tindakan yang bertujuan menghancurkan suatu bangsa, kelompok etnis, ras, atau. Web ResultKOMPAS.com – Genosida Rwanda adalah pembunuhan massal oleh etnis Hutu di Rwanda terhadap suku minoritas Tutsi yang dimulai pada 6 April. Web ResultPasal Dua Konvensi itu mendefinisikan genosida sebagai tindakan apa pun yang "dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan. Web ResultSecara yuridis, genosida diartikan sebagai tindakan untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh/sebagian kelompok bangsa, ras,. Web ResultLewat Karya Seni, Ia Menolak Lupakan Kolonialisme Jerman. Dari nama jalan, monumen, dan makam penguasa kolonial, jejak era kolonial tersebar. Web ResultDalam Pasal 8 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia, disebutkan jika kejahatan genosida merupakan.

Lihat Juga  Topik Apa Itu Asam Nukleat Dna

detikcom

Apa Itu Genosida

Source: detik.com

Kompas.com

Apa Itu Genosida

Source: kompas.com

Leave a Comment