Apa Yang Dimaksud Algoritma Informatika

Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah berurutan yang jelas dan logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk informatika, matematika, sains, dan kehidupan sehari-hari.

Pengertian algoritma secara umum adalah sebagai berikut:

* Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah berurutan yang jelas dan logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah.
* Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan.
* Algoritma merupakan sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan masalah / persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer.

Berikut adalah ciri-ciri algoritma:

Fungsi algoritma adalah sebagai berikut:

Secara umum, algoritma dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Berikut adalah contoh algoritma manual:

* Algoritma untuk menghitung luas segitiga
* Algoritma untuk memasak nasi
* Algoritma untuk membuat roti

Berikut adalah contoh algoritma komputer:

* Algoritma untuk mencari bilangan terbesar dalam suatu array
* Algoritma untuk mencari akar kuadrat dari suatu bilangan
* Algoritma untuk mengurutkan suatu array

Algoritma merupakan salah satu konsep dasar dalam informatika. Pemahaman tentang algoritma sangat penting bagi para profesional di bidang informatika, seperti programmer, analis, dan desainer.

Dengan memahami algoritma, para profesional di bidang informatika dapat membuat program komputer yang efisien dan efektif. Selain itu, pemahaman tentang algoritma juga dapat membantu para profesional di bidang informatika untuk memecahkan masalah-masalah kompleks dalam kehidupan sehari-hari.

Video Apa Yang Dimaksud Algoritma Informatika

Lihat Juga  Apa Itu Informatika Menurut Para Ahli

Leave a Comment