Apa Itu Sampling Anbk

Apa Itu Sampling Anbk video

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Sampling adalah proses pengambilan sampel dari suatu populasi. Dalam ANBK, sampling dilakukan untuk menentukan peserta didik, sekolah, dan wilayah yang akan menjadi peserta ANBK.

Sampling ANBK adalah proses pengambilan sampel dari peserta didik, sekolah, dan wilayah untuk mengikuti ANBK. Sampel yang diambil harus representatif dari populasi peserta didik, sekolah, dan wilayah yang ada di Indonesia.

Tujuan sampling ANBK adalah untuk:

* Menghemat biaya dan sumber daya
* Meningkatkan akurasi hasil ANBK
* Menjamin kerahasiaan data peserta didik

Sampling ANBK dilakukan dengan prinsip-prinsip berikut:

Sampling ANBK dilakukan dengan metode stratified random sampling. Metode ini dilakukan dengan membagi populasi menjadi beberapa strata, kemudian mengambil sampel secara acak dari masing-masing strata.

Peserta sampling ANBK adalah peserta didik yang dipilih secara acak dari setiap satuan pendidikan. Peserta sampling ANBK terdiri dari peserta didik kelas V SD/MI, kelas VIII SMP/MTs, dan kelas XI SMA/MA/SMK/MAK.

Sampling ANBK adalah proses pengambilan sampel dari peserta didik, sekolah, dan wilayah untuk mengikuti ANBK. Sampling ANBK dilakukan dengan prinsip-prinsip tertentu untuk memastikan bahwa sampel yang diambil representatif dan akurat.

Lihat Juga  Apa Itu P5 Sekolah Dasar

Leave a Comment