Apa Itu Opr Bank Negara

Apa Itu Opr Bank Negara video

OPR, atau Overnight Policy Rate, adalah suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Negara Malaysia (BNM) sebagai acuan bagi suku bunga yang berlaku di pasar uang. OPR dirancang untuk mengendalikan inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Malaysia.

OPR adalah suku bunga yang berlaku untuk pinjaman antar bank dalam jangka waktu satu malam. Dalam arti lain, OPR adalah suku bunga yang berlaku untuk pinjaman antar bank yang harus dibayar kembali pada hari berikutnya.

OPR memiliki dua fungsi utama, yaitu:

Untuk mengendalikan inflasi, BNM dapat menaikkan OPR. Kenaikan OPR akan membuat pinjaman antar bank menjadi lebih mahal, sehingga akan mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Hal ini akan membantu untuk mengendalikan inflasi.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, BNM dapat menurunkan OPR. Penurunan OPR akan membuat pinjaman antar bank menjadi lebih murah, sehingga akan meningkatkan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Hal ini akan membantu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

OPR ditetapkan oleh BNM melalui rapat Komite Kebijakan Moneter (MPC) yang diadakan setiap bulan. MPC akan mempertimbangkan berbagai faktor dalam menetapkan OPR, termasuk kondisi ekonomi domestik dan global, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.

OPR memiliki dampak yang luas terhadap perekonomian, baik positif maupun negatif. Dampak positif OPR antara lain:

Dampak negatif OPR antara lain:

OPR adalah suku bunga yang penting bagi perekonomian Malaysia. OPR dirancang untuk mengendalikan inflasi dan pertumbuhan ekonomi, namun memiliki dampak yang luas terhadap perekonomian.

Lihat Juga  Apa Itu Informatika Kelas 7

Leave a Comment