Apa Itu Komunis

Komunisme adalah ideologi politik dan sosial ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat tanpa kelas, tanpa negara, dan tanpa kepemilikan pribadi. Komunisme didasarkan pada teori perjuangan kelas, yang menyatakan bahwa masyarakat dibagi menjadi dua kelas utama: proletariat (pekerja) dan borjuis (majikan). Proletariat ditekan oleh borjuis, dan perjuangan kelas ini akan mengarah pada revolusi sosial yang akan menggulingkan kapitalisme dan menggantikannya dengan komunisme.

Komunisme adalah ideologi yang didasarkan pada kepemilikan bersama alat-alat produksi dan tidak adanya kelas sosial, uang, dan negara. Komunisme juga merupakan ideologi yang mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan individu.

Berikut ini adalah ciri-ciri komunisme:

Pada abad ke-20, komunisme menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Uni Soviet, China, dan Kuba. Namun, komunisme di beberapa negara tersebut mengalami kegagalan dan runtuh.

Marx dan Engels berpendapat bahwa masyarakat dibagi menjadi dua kelas utama: proletariat (pekerja) dan borjuis (majikan). Proletariat ditekan oleh borjuis, dan perjuangan kelas ini akan mengarah pada revolusi sosial yang akan menggulingkan kapitalisme dan menggantikannya dengan komunisme.

Revolusi sosial adalah perubahan sosial yang terjadi secara drastis dan cepat. Revolusi sosial sering kali disertai dengan kekerasan dan kerusuhan. Marx dan Engels berpendapat bahwa revolusi sosial adalah cara yang diperlukan untuk menggulingkan kapitalisme dan menggantikannya dengan komunisme.

Komunisme pernah menjadi kekuatan politik yang besar di Indonesia. Partai Komunis Indonesia (PKI) didirikan pada tahun 1920, dan PKI mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1965. Namun, PKI terlibat dalam peristiwa Gerakan 30 September yang dikenal dengan sebutan G30S/PKI. Peristiwa G30S/PKI menyebabkan PKI dibubarkan dan komunisme dilarang di Indonesia.

Komunisme adalah ideologi yang memiliki ciri-ciri yang khas, seperti tidak mengakui keberadaan Tuhan, menganut kepemilikan kolektif atas barang-barang, mengajarkan teori perjuangan kelas, melakukan revolusi secara terus-menerus, dan lebih memprioritaskan kepentingan negara atau kelompok daripada kepentingan individu. Komunisme juga pernah menjadi kekuatan politik yang besar di Indonesia, tetapi PKI dibubarkan dan komunisme dilarang di Indonesia setelah peristiwa G30S/PKI.

Lihat Juga  Apa Itu Bank Umum

Apa Itu Komunis dalam video

Leave a Comment