Apa Itu Qada Dan Qadar

Qada dan qadar adalah dua konsep penting dalam Islam yang berkaitan dengan keputusan dan ketetapan Allah SWT mengenai segala sesuatu yang terjadi di dunia. Qada secara bahasa berarti ketetapan, sedangkan qadar berarti ukuran atau ketentuan.

Qada adalah ketetapan Allah SWT yang bersifat umum dan azali (kekal). Qada meliputi segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT, baik yang berkaitan dengan makhluk maupun alam semesta.

Qadar adalah ketetapan Allah SWT yang bersifat khusus dan muallaq (bergantung). Qadar meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk, baik yang berkaitan dengan fisik maupun non-fisik.

Qada dan qadar memiliki hubungan yang erat. Qada merupakan ketetapan Allah SWT yang bersifat umum dan azali, sedangkan qadar merupakan ketetapan Allah SWT yang bersifat khusus dan muallaq.

Qada merupakan dasar dari qadar. Qadar tidak akan terjadi jika tidak ada qada. Qada merupakan sebab, sedangkan qadar merupakan akibat.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan adanya qada dan qadar, antara lain:

Mengimani qada dan qadar memiliki banyak manfaat, antara lain:

Qada dan qadar adalah dua konsep penting dalam Islam yang harus diimani oleh setiap muslim. Dengan memahami qada dan qadar, kita akan semakin yakin akan kekuasaan Allah SWT dan akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam kehidupan.

simak Apa Itu Qada Dan Qadar dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Menghardik Anak Yatim

Leave a Comment