Apa Itu Entitas Anak

Apa Itu Entitas Anak video

Entitas anak adalah suatu entitas yang dikendalikan oleh entitas lain, yang disebut sebagai entitas induk. Pengendalian didefinisikan sebagai kekuasaan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional suatu entitas untuk memperoleh manfaat dari aktivitas entitas tersebut.

Entitas anak dapat berbentuk entitas perseroan terbatas, persekutuan, atau bentuk usaha lainnya. Entitas anak dapat dimiliki sepenuhnya oleh entitas induk, atau dapat dimiliki bersama dengan pihak lain.

Pengendalian dapat diperoleh melalui kepemilikan saham mayoritas, hak suara mayoritas, atau hak khusus lainnya. Hak khusus lainnya dapat berupa hak untuk menunjuk atau memberhentikan anggota dewan direksi, hak untuk menyetujui perubahan anggaran dasar, atau hak untuk memperoleh manfaat dari hasil operasi entitas anak.

Entitas induk wajib menyajikan laporan keuangan konsolidasian yang mencakup aset, liabilitas, ekuitas, penghasilan, beban, dan arus kas dari entitas induk dan entitas anak. Laporan keuangan konsolidasian bertujuan untuk menyajikan posisi keuangan, kinerja, dan arus kas dari kelompok usaha sebagai suatu entitas ekonomi tunggal.

Dalam laporan keuangan konsolidasian, aset dan liabilitas entitas anak dicatat sebesar nilai wajarnya pada tanggal perolehan. Ekuitas entitas anak dicatat sebesar jumlah investasi entitas induk, ditambah atau dikurangi dengan bagian entitas induk atas laba atau rugi kumulatif entitas anak sejak tanggal perolehan, serta dikurangi dengan dividen yang telah dibayarkan kepada entitas induk.

Pendapatan dan beban entitas anak digabungkan dengan pendapatan dan beban entitas induk. Arus kas entitas anak digabungkan dengan arus kas entitas induk.

Entitas anak adalah suatu entitas yang dikendalikan oleh entitas lain. Pengendalian dapat diperoleh melalui kepemilikan saham mayoritas, hak suara mayoritas, atau hak khusus lainnya. Entitas induk wajib menyajikan laporan keuangan konsolidasian yang mencakup aset, liabilitas, ekuitas, penghasilan, beban, dan arus kas dari entitas induk dan entitas anak.

Lihat Juga  Apa Itu Bank Mega

Leave a Comment