Apa Itu Belajar

Belajar adalah suatu proses perubahan yang relatif permanen dalam potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Perubahan tersebut dapat terjadi dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap, atau nilai.

Belajar memiliki makna yang penting bagi setiap individu, baik secara personal maupun sosial. Secara personal, belajar dapat membantu individu untuk mengembangkan potensinya dan meningkatkan kualitas hidupnya. Secara sosial, belajar dapat membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan berpartisipasi dalam masyarakat.

Tujuan belajar dapat dirumuskan sebagai berikut:

Berikut adalah beberapa ciri-ciri belajar:

Berdasarkan sifatnya, belajar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Belajar formal adalah belajar yang dilakukan dalam suatu lembaga pendidikan, seperti sekolah atau universitas. Belajar informal adalah belajar yang dilakukan di luar lembaga pendidikan, seperti belajar secara mandiri atau melalui pengalaman.

Berdasarkan tujuannya, belajar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Belajar akademik adalah belajar yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan akademik. Belajar non-akademik adalah belajar yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan non-akademik, seperti keterampilan sosial, keterampilan hidup, dan keterampilan profesional.

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu, seperti:

Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri individu, seperti:

Belajar adalah suatu proses perubahan yang relatif permanen dalam potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar memiliki makna dan tujuan yang penting bagi setiap individu. Ciri-ciri belajar antara lain adanya perubahan perilaku, perubahan tersebut bersifat relatif permanen, perubahan tersebut disebabkan oleh pengalaman atau latihan, dan perubahan tersebut dapat terjadi secara sadar maupun tidak sadar. Jenis-jenis belajar dapat dibagi berdasarkan sifatnya, tujuannya, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Lihat Juga  Apa Contoh Informatika

Apa Itu Belajar dalam video

Leave a Comment