Apa Itu Bullying

Bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Bullying dapat didefinisikan sebagai perilaku agresif yang dilakukan secara berulang dan disengaja untuk menimbulkan perasaan tidak nyaman maupun cidera bagi korban. Perilaku agresif tersebut dapat berupa kekerasan fisik, verbal, atau emosional.

Bullying dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Penyebab bullying dapat berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kondisi psikologis pelaku, seperti memiliki masalah harga diri, merasa cemas atau stres, atau memiliki masalah emosional. Faktor eksternal meliputi lingkungan, seperti lingkungan sekolah, keluarga, atau masyarakat yang tidak kondusif.

Dampak bullying dapat bersifat fisik, psikologis, dan sosial. Dampak fisik meliputi luka-luka, patah tulang, atau cedera lainnya. Dampak psikologis meliputi kecemasan, depresi, gangguan makan, atau gangguan tidur. Dampak sosial meliputi rasa takut, malu, atau menarik diri dari lingkungan sosial.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bullying, yaitu:

Bullying merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif bagi korban. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengertian, jenis, penyebab, dampak, dan cara mengatasi bullying.

Apa Itu Bullying dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Kkn

Leave a Comment