Apa Itu Anbk Literasi

Apa Itu Anbk Literasi video

Anbk literasi adalah salah satu instrumen penilaian dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK merupakan konsep baru sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) yang sudah dihapus sejak bulan Februari tahun 2021.

Literasi adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai macam teks tertulis. Literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca, tetapi juga mencakup kemampuan memahami isi teks, merumuskan pertanyaan, dan mencari jawaban dari teks.

Anbk literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK. Kemampuan literasi ini penting untuk dimiliki siswa agar dapat belajar dan berkembang secara optimal.

Anbk literasi mengukur kemampuan literasi siswa dalam empat aspek, yaitu:

Aspek konten mengukur kemampuan siswa untuk memahami informasi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang terkandung dalam teks.

Aspek level kognitif mengukur kemampuan siswa untuk memahami dan merespon teks pada tingkatan pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Aspek konteks mengukur kemampuan siswa untuk memahami teks dalam berbagai konteks, seperti fiksi, nonfiksi, dan teks visual.

Anbk literasi menggunakan berbagai bentuk soal, yaitu:

Soal pilihan ganda adalah soal yang memiliki satu jawaban benar.

Soal pilihan ganda kompleks adalah soal yang memiliki lebih dari satu jawaban benar.

Soal menjodohkan adalah soal yang mengharuskan siswa untuk menghubungkan dua hal yang saling berkaitan.

Soal isian singkat adalah soal yang mengharuskan siswa untuk mengisi jawaban dalam bentuk kata, kalimat, atau angka.

Soal uraian adalah soal yang mengharuskan siswa untuk menjawab pertanyaan secara bebas.

Anbk literasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Ujian Nasional, yaitu:

Anbk literasi mengukur kemampuan literasi siswa dalam empat aspek, yaitu konten, level kognitif, dan konteks. Hal ini tidak dilakukan oleh Ujian Nasional.

Lihat Juga  Apa Itu Yonko

Anbk literasi menggunakan berbagai bentuk soal, yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Hal ini membuat soal Anbk literasi lebih variatif dan tidak membosankan.

Anbk literasi dilaksanakan secara online menggunakan komputer. Hal ini membuat proses pelaksanaan Anbk literasi lebih efisien dan efektif.

Anbk literasi merupakan instrumen penilaian yang penting untuk mengukur kemampuan literasi siswa. Kemampuan literasi ini penting untuk dimiliki siswa agar dapat belajar dan berkembang secara optimal.

Leave a Comment