Apa Itu Flaring Tool

Flaring tool adalah alat yang digunakan untuk mengembangkan ujung pipa agar dapat disambung dengan fitting flare. Fitting flare adalah jenis fitting yang memiliki ujung yang berbentuk kerucut. Flaring tool dapat digunakan untuk berbagai jenis pipa, seperti pipa tembaga, pipa stainless steel, dan pipa aluminium.

Flaring tool memiliki fungsi untuk mengembangkan ujung pipa agar dapat menghasilkan flare yang sesuai dengan fitting flare yang akan digunakan. Flare yang sesuai akan memastikan bahwa sambungan pipa dapat terpasang dengan rapat dan tidak bocor.

Ada dua jenis flaring tool, yaitu:

Manual flaring tool adalah jenis flaring tool yang paling sederhana. Alat ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian untuk mengembangkan ujung pipa dan bagian untuk menahan pipa. Manual flaring tool biasanya digunakan untuk pekerjaan yang tidak terlalu besar.

Hydraulic flaring tool adalah jenis flaring tool yang lebih canggih. Alat ini menggunakan tenaga hidrolik untuk mengembangkan ujung pipa. Hydraulic flaring tool biasanya digunakan untuk pekerjaan yang besar dan membutuhkan presisi yang tinggi.

Cara menggunakan flaring tool umumnya sama, baik untuk manual flaring tool maupun hydraulic flaring tool. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan flaring tool:

1. Potong pipa sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
2. Gunakan reamer untuk membersihkan ujung pipa.
3. Masukkan ujung pipa ke dalam flaring tool.
4. Putar tuas flaring tool hingga ujung pipa terbentuk flare.
5. Cek apakah flare yang terbentuk sudah sesuai dengan fitting flare yang akan digunakan.

* Fungsi flaring tool
* Jenis-jenis flaring tool
* Cara menggunakan flaring tool
* Jenis-jenis flare
* Cara membuat flare
* Jenis-jenis fitting flare
* Cara memasang fitting flare

Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda memahami apa itu flaring tool.

Lihat Juga  Apa Itu Bank Garansi 1832

Video Apa Itu Flaring Tool

Leave a Comment