Apa Itu Test Anbk

Apa Itu Test Anbk video

* Pengertian ANBK
* Tujuan ANBK
* Instrumen ANBK
* Pelaksanaan ANBK
* Hasil ANBK

ANBK adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur dan memetakan pencapaian hasil belajar peserta didik secara nasional. Penilaian ini dilakukan secara menyeluruh untuk menilai kompetensi peserta didik, satuan pendidikan, dan sistem pendidikan secara nasional.

Adapun tujuan ANBK adalah sebagai berikut:

* Memperoleh informasi tentang hasil belajar peserta didik sebagai dasar untuk perbaikan mutu pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan;
* Memperoleh informasi tentang karakteristik dankondisi belajar peserta didik sebagai dasar untuk perbaikan pembelajaran;
* Memperoleh informasi tentang karakteristik sekolah sebagai dasar untuk perbaikan mutu pendidikan di tingkat sekolah;
* Memperoleh informasi tentang karakteristik sistem pendidikan sebagai dasar untuk perbaikan mutu pendidikan secara nasional.

ANBK dilaksanakan dengan menggunakan 3 instrumen, yaitu:

* Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
* Survei Karakter
* Survei Lingkungan Belajar

ANBK dilaksanakan secara online atau semi online. Peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah mengikuti ANBK secara online. Peserta didik kelas IV, VII, dan X yang tidak dipilih secara acak mengikuti ANBK secara semi online.

Hasil ANBK tidak digunakan untuk menentukan kelulusan peserta didik. Hasil ANBK digunakan untuk perbaikan mutu pendidikan secara nasional.

ANBK adalah penilaian yang penting untuk mengukur mutu pendidikan di Indonesia. Hasil ANBK dapat digunakan untuk perbaikan mutu pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan.

Lihat Juga  Apa Itu P5 Sma

Leave a Comment