Apa Itu Geografi

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan, persamaan, dan perbedaan antar ruang di Bumi. Pusat kajian geografi adalah hubungan manusia dan lingkungannya. Secara umum, geografi terbagi menjadi dua cabang keilmuan, yaitu geografi fisik dan geografi manusia.

Ada banyak definisi geografi yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini adalah beberapa definisi geografi menurut para ahli:

Objek kajian geografi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi, baik yang bersifat fisik maupun sosial. Objek kajian geografi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

* Bentuk dan struktur bumi
* Klimatologi
* Hidrologi
* Geologi
* Geografi tumbuhan
* Geografi hewan
* Penduduk
* Ekonomi
* Politik
* Budaya
* Sosial

Geografi terbagi menjadi dua cabang keilmuan, yaitu:

Metode penelitian geografi adalah cara-cara yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian geografi. Metode penelitian geografi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

Geografi memiliki peran dan manfaat yang penting bagi kehidupan manusia, antara lain:

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan, persamaan, dan perbedaan antar ruang di Bumi. Geografi memiliki dua cabang keilmuan, yaitu geografi fisik dan geografi manusia. Geografi memiliki peran dan manfaat yang penting bagi kehidupan manusia.

Apa Itu Geografi dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Istilah Flare

Leave a Comment