Apa Itu Surel

Surel, atau surat elektronik, adalah sarana mengirim dan menerima pesan melalui jaringan komputer. Surel mirip dengan surat yang dikirim melalui pos, tetapi dikirim dan diterima melalui internet.

Surel pertama kali dikembangkan oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971. Tomlinson saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman (BBN), sebuah perusahaan penelitian komputer yang berbasis di Amerika Serikat. Tomlinson awalnya bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer. Pada awalnya, surel hanya bisa dikirim antar komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Namun, dengan berkembangnya internet, surel kini dapat dikirim ke seluruh dunia.

Surel bekerja dengan menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Protokol ini mengatur bagaimana surel dikirim dan diterima dari satu komputer ke komputer lain.

Ketika seseorang mengirim surel, surel tersebut akan dikirim ke server surel. Server surel akan menyimpan surel tersebut hingga penerimanya membukanya. Ketika penerima membuka surel, server surel akan mengirimkan surel tersebut ke komputer penerima.

Surel terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

Ada dua jenis surel, yaitu:

Surel memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Surel juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

Surel adalah sarana yang sangat penting dalam komunikasi digital. Surel digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan, pendidikan, hingga hiburan.

simak Apa Itu Surel dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Permata

Leave a Comment