Apa Itu Trombosit

Definisi Trombosit

Trombosit adalah sel darah yang tidak berinti yang berperan dalam proses pembekuan darah. Trombosit berbentuk seperti cakram kecil dengan diameter sekitar 2-3 mikrometer. Trombosit diproduksi di sumsum tulang dan memiliki masa hidup sekitar 10 hari.

Fungsi Trombosit

Fungsi utama trombosit adalah untuk menghentikan perdarahan. Trombosit melakukan hal ini dengan membentuk gumpalan darah di sekitar luka. Gumpalan darah ini membantu mencegah hilangnya darah yang berlebihan dari tubuh.

Trombosit juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Trombosit mengeluarkan berbagai zat yang membantu proses penyembuhan, seperti faktor pertumbuhan dan trombosit-derived growth factor (PDGF).

Kadar Trombosit Normal

Kadar trombosit normal dalam darah adalah 150.000-450.000 trombosit per mikroliter (μL). Kadar trombosit yang terlalu rendah (trombositopenia) atau terlalu tinggi (trombositosis) dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Penurunan Kadar Trombosit

Penurunan kadar trombosit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

* Infeksi
* Peradangan
* Penyakit autoimun
* Kanker
* Penggunaan obat-obatan tertentu
* Kelainan darah bawaan

Peningkatan Kadar Trombosit

Peningkatan kadar trombosit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

* Infeksi
* Peradangan
* Kanker
* Kelainan darah bawaan
* Pengobatan dengan obat-obatan tertentu
* Operasi
* Trauma

Penutup

Trombosit adalah sel darah yang penting untuk proses pembekuan darah. Kadar trombosit yang normal sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

simak Apa Itu Trombosit dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Informatika Di Sekolah Menengah Atas

Leave a Comment