Mengulas Apa Itu Kentongan

Apa Itu Kentongan

Kentongan adalah alat komunikasi tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu berongga yang dipukul dengan tongkat. Kentongan memiliki fungsi sebagai tanda waktu, tanda bahaya, atau mengumpulkan massa.

Bahan yang umum digunakan untuk membuat kentongan adalah bambu atau kayu. Bambu dipilih karena mudah didapat dan ringan, sedangkan kayu dipilih karena lebih kuat dan tahan lama.

Kentongan memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Ukuran kentongan biasanya disesuaikan dengan fungsinya. Kentongan yang berukuran besar biasanya digunakan untuk memberikan tanda bahaya atau mengumpulkan massa, sedangkan kentongan yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk penanda waktu.

Kentongan dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat. Tongkat yang digunakan untuk memukul kentongan biasanya terbuat dari kayu atau bambu.

Kentongan memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Kentongan digunakan untuk menandai waktu, seperti untuk salat, pembagian air, atau kegiatan lainnya.

Kentongan digunakan untuk memberikan tanda bahaya, seperti kebakaran, banjir, atau serangan musuh.

Kentongan digunakan untuk mengumpulkan massa, seperti untuk rapat, upacara, atau kegiatan lainnya.

Kentongan adalah alat komunikasi tradisional yang memiliki berbagai fungsi. Kentongan masih digunakan di beberapa daerah di Indonesia, terutama di pedesaan.

Web ResultKentongan adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bahan logam, kayu, atau bambu. Alat musik ini digunakan sebagai alat komunikasi tradisional di. Web ResultKentungan atau kentongan adalah media komunikasi paling kuno di Indonesia. Alat ini sudah dipakai sejak ratusan tahun yang lalu pada zaman era. Web ResultMenjelajah Kampung Kentongan: Mengungkap Asal-Usul Alat Musik Kentongan yang Menggebu-gebu di Tanah Air. Skip to content. MENU Home;. Web ResultKentongan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia. Alat ini terbuat dari bambu yang dipotong dan diberi lubang-lubang pada bagian. Web ResultKentongan merupakan salah satu sarana tradisional yang masih digunakan di masa modern. Kentongan dapat digunakan untuk menyampaikan. Web ResultKentongan adalah bunyi-bunyian yang berasal dari bambu atau kayu berongga, dibunyikan atau dipukul untuk menyatakan tanda waktu atau tanda bahaya atau.

Lihat Juga  Terbaru Apa Itu Geng Gaza

Apa Itu Kentongan. Web ResultSejarah Kentongan. Melansir laman resmi Kabupaten Lombok Barat, sejarah kentongan telah ada dalam legenda Laksamana Cheng Ho dari China.

Apa Itu Kentongan, Web ResultKentongan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia. Alat ini terbuat dari bambu yang dipotong dan diberi lubang-lubang pada bagian. Web ResultKentongan merupakan salah satu sarana tradisional yang masih digunakan di masa modern. Kentongan dapat digunakan untuk menyampaikan. Web ResultKentongan adalah bunyi-bunyian yang berasal dari bambu atau kayu berongga, dibunyikan atau dipukul untuk menyatakan tanda waktu atau tanda bahaya atau. Web ResultBerbeda seratus delapan puluh derajat saat kita mengatakan Facebook, Twitter, BBM juga yang lain – lain yang berhubungan dengan. Web ResultThis study aims to identify the Kentongan Bambu Laras show and explore the contextualization of educational diversity in the Kentongan Bambu Laras. Web ResultDilansir dari Portal Literasi Sejarah Bencana BNPB, kentongan didefinisikan sebagai alat yang digunakan dalam mitigasi bencana secara. Web ResultKentongan pun dianggap sebagai alat komunikasi tradisional yang masih tetap bertahan menghadapi zaman modern. Pada masa lalu, banyak alat. Web Resultapa itu alat komunikasi tradisional kentongan? apa manfaat nya? bagaimana cara menggunakannya? bagaimana cara membuat nya? yuk simak video. Web ResultApa itu Kentongan? Kentongan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia. Alat musik ini terbuat dari bambu yang telah dibentuk.

detikcom

Apa Itu Kentongan

Source: detik.com

Barisan.co

Apa Itu Kentongan

Source: barisan.co

Leave a Comment