Apa Itu Mpls

Multiprotocol Label Switching (MPLS) adalah sebuah teknologi jaringan yang digunakan untuk meneruskan data dari satu node ke node lainnya berdasarkan label, bukan alamat jaringan. Label adalah nilai numerik yang ditambahkan ke header paket data, dan digunakan untuk menentukan jalur yang akan dilalui paket tersebut.

MPLS menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched. Sistem circuit-switched memastikan kualitas layanan (QoS) yang tinggi, tetapi tidak efisien untuk pengiriman data dalam jumlah besar. Sistem packet-switched lebih efisien untuk pengiriman data dalam jumlah besar, tetapi tidak dapat menjamin QoS.

MPLS menggunakan label untuk menentukan jalur yang akan dilalui paket data. Label ini dapat ditambahkan ke paket data oleh perangkat jaringan yang disebut label switch router (LSR). LSR akan memeriksa label pada paket data dan meneruskan paket tersebut ke LSR terdekat yang memiliki label yang sama.

MPLS dapat digunakan untuk berbagai jenis jaringan, termasuk jaringan IP, ATM, dan Frame Relay. MPLS juga dapat digunakan untuk mendukung berbagai layanan, seperti VPN, QoS, dan traffic engineering.

MPLS memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan teknologi routing tradisional, antara lain:

MPLS juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

MPLS adalah teknologi jaringan yang canggih yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan fleksibilitas jaringan. MPLS telah menjadi teknologi yang populer untuk berbagai aplikasi, termasuk jaringan korporat, jaringan penyedia layanan, dan jaringan data center.

Apa Itu Mpls dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Qada Dan Qadar

Leave a Comment