Apa Itu Bank Keliling

Apa Itu Bank Keliling video

Bank keliling adalah jasa pembiayaan informal yang diberikan oleh pihak tertentu kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. Bank keliling disebut sebagai jasa pembiayaan informal lantaran bukan merupakan bagian dari sektor perbankan atau lembaga keuangan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bank keliling bahkan terkadang tidak memiliki badan hukum yang jelas. Umumnya, pihak pemberi pinjaman ini merupakan individu atau sekelompok orang yang memiliki uang berlebih untuk dipinjamkan kepada orang yang membutuhkan.

Bank keliling adalah jasa pembiayaan informal yang diberikan oleh pihak tertentu kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. Bank keliling disebut sebagai jasa pembiayaan informal lantaran bukan merupakan bagian dari sektor perbankan atau lembaga keuangan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bank keliling bahkan terkadang tidak memiliki badan hukum yang jelas.

Berikut adalah beberapa karakteristik bank keliling:

Bank keliling memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Namun, bank keliling juga memiliki beberapa risiko, antara lain:

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari bank keliling:

Bank keliling adalah jasa pembiayaan informal yang memiliki beberapa keuntungan dan risiko. Masyarakat perlu berhati-hati dalam memilih lembaga pembiayaan, terutama bank keliling.

Lihat Juga  Apa Itu World Bank

Leave a Comment