Apa Itu Anak Hadroh

Apa Itu Anak Hadroh video

Pengertian

Anak Hadroh adalah istilah yang digunakan untuk menyebut anak-anak yang belajar dan menekuni seni musik Hadroh. Hadroh adalah kesenian rebana yang mengakar pada kebudayaan Islam dan sering disebut sebagai kegiatan syiar lewat syair. Di Indonesia, Hadroh ini identik sebagai kesenian milik lingkungan pesantren khususnya di tanah Jawa.

Sejarah

Seni Hadroh diperkirakan berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari daerah Arab dan Persia. Kesenian ini dibawa ke Indonesia oleh para pedagang dan ulama Islam pada abad ke-16. Pada awalnya, Hadroh digunakan sebagai media dakwah untuk menyebarkan ajaran Islam.

Di Indonesia, Hadroh mulai berkembang pesat pada abad ke-19. Kesenian ini sering dimainkan di acara-acara keagamaan Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, haul, dan pengajian. Selain itu, Hadroh juga terkadang dibawakan dalam acara pernikahan dan kelahiran bayi.

Fungsi

Hadroh memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Pemanfaatan

Anak Hadroh dapat memanfaatkan seni Hadroh untuk berbagai tujuan, antara lain:

Penutup

Hadroh merupakan kesenian yang memiliki nilai-nilai luhur. Seni ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas spiritual dan moral anak-anak.

Lihat Juga  Apa Itu Menghardik Anak Yatim

Leave a Comment