Apa Itu Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Makalah disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas tertentu (tugas akademik maupun tugas non akademik). Makalah menjadi sarana untuk mendemonstrasikan pemahaman penulis tentang pokok permasalahan teoretis yang dikaji atau kemampuan penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan masalah tertentu.

Menurut W.J.S. Poerwadarminta (1994), makalah adalah uraian tertulis yang dikemukakan untuk mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut. Makalah juga bisa disebut sebagai sebuah karya tulis yang di dalamnya terdapat buah pemikiran dari seorang penulis yang belum pernah dipublikasikan dan bersifat ilmiah.

Berdasarkan tujuan penulisannya, makalah dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Secara umum, makalah memiliki struktur sebagai berikut:

Makalah memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

Makalah memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Untuk membuat makalah yang baik, perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang penting untuk dipelajari. Dengan memahami apa itu makalah, jenis, struktur, karakteristik, fungsi, dan cara membuat makalah, kita dapat menyusun makalah yang baik dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

Apa Itu Makalah dalam video

Lihat Juga  Apa Itu P5 Kurikulum Merdeka

Leave a Comment