Apa Itu Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Teks ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada pembaca secara jelas dan logis.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Teks ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada pembaca secara jelas dan logis.

Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada pembaca secara jelas dan logis. Oleh karena itu, teks eksplanasi harus disusun dengan susunan yang logis dan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yaitu:

Bagian pernyataan umum berisi penjelasan umum tentang topik yang akan dibahas. Bagian ini berfungsi untuk memberikan gambaran umum kepada pembaca tentang apa yang akan dibahas dalam teks eksplanasi.

Bagian deretan penjelas berisi uraian atau penjelasan secara rinci tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Bagian ini merupakan inti dari teks eksplanasi.

Bagian interpretasi berisi simpulan atau pendapat penulis tentang peristiwa atau kejadian yang dijelaskan dalam teks eksplanasi. Bagian ini bersifat opsional dan tidak selalu ada dalam teks eksplanasi.

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Teks eksplanasi menggunakan kaidah kebahasaan sebagai berikut:

Berikut adalah contoh teks eksplanasi tentang proses terjadinya pelangi:

Pelangi adalah fenomena alam yang sering terjadi setelah hujan turun. Pelangi merupakan hasil pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air hujan.

Cahaya matahari yang masuk ke atmosfer bumi akan dibiaskan oleh tetesan air hujan. Pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air hujan terjadi karena perbedaan indeks bias cahaya matahari dan air.

Cahaya matahari yang dibiaskan oleh tetesan air hujan akan membentuk spektrum warna. Spektrum warna adalah suatu susunan warna yang berurutan mulai dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Lihat Juga  Apa Itu Odp Bank

Panjang gelombang cahaya matahari berbeda-beda, sehingga warna yang dibiaskan oleh tetesan air hujan juga berbeda-beda. Warna merah memiliki panjang gelombang paling panjang, sedangkan warna ungu memiliki panjang gelombang paling pendek.

Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang indah. Pelangi dapat menjadi sarana untuk belajar tentang pembiasan cahaya dan spektrum warna.

simak Apa Itu Teks Eksplanasi dalam sebuah video

Leave a Comment