Apa Itu Pancasila

* Pengertian Pancasila
* Sejarah Pancasila
* Fungsi Pancasila
* Substansi Pancasila
* Implementasi Pancasila

Pancasila secara harfiah berarti lima prinsip atau lima asas. Dalam konteks negara, Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang bersumber dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur tersebut adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia dalam sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Pidato Soekarno pada sidang tersebut menjadi cikal bakal lahirnya Pancasila.

Pancasila memiliki beberapa fungsi, yaitu:

* Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi landasan hukum dan penyelenggaraan negara.
* Sebagai sumber hukum, Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.
* Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
* Sebagai ideologi negara, Pancasila menjadi perwujudan identitas nasional Indonesia.

Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu:

Sila pertama ini menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini berarti bahwa Indonesia adalah negara yang mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Sila kedua ini menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Hal ini berarti bahwa Indonesia adalah negara yang menjamin hak asasi manusia dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.

Sila ketiga ini menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipecah-pecah. Hal ini berarti bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersatu untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Sila keempat ini menyatakan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi yang mengutamakan musyawarah dan mufakat. Hal ini berarti bahwa pengambilan keputusan di Indonesia harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat.

Sila kelima ini menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini berarti bahwa Indonesia adalah negara yang menjamin kesejahteraan seluruh rakyatnya.

Lihat Juga  Apa Itu Estimasi

Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

* Meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila di masyarakat.
* Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
* Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan dasar negara yang sangat penting bagi Indonesia. Pancasila harus dijaga dan dilestarikan agar Indonesia tetap menjadi negara yang berdaulat, adil, dan makmur.

simak Apa Itu Pancasila dalam sebuah video

Leave a Comment