Apa Itu Kalimat

Kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan.

Kalimat dapat didefinisikan sebagai berikut:

Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang terkecil yang mengandung pikiran lengkap.

Kalimat adalah bagian ujaran yang didahului dan diikuti oleh kesenyapan. Sedangkan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap.

Kalimat adalah kelompok kata yang mempunyai arti tertentu, terdiri atas subjek dan predikat dan tidak tergantung pada suatu konstruksi gramatikal yang lebih besar.

Berdasarkan ketiga pengertian tersebut, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa kalimat adalah kumpulan kata yang memiliki pengertian lengkap dan dibangun oleh konstruksi fungsional dan tidak bergantung pada konstruksi gramatikal yang lebih besar.

Kalimat memiliki dua unsur pokok, yaitu subjek dan predikat.

Subjek adalah unsur kalimat yang menyatakan apa yang dibicarakan. Subjek biasanya berupa kata benda, frasa benda, atau kata ganti.

Predikat adalah unsur kalimat yang menyatakan apa yang dikerjakan oleh subjek. Predikat biasanya berupa kata kerja, frasa kerja, atau kata sifat.

Selain subjek dan predikat, kalimat juga dapat memiliki unsur pelengkap dan objek.

Pelengkap adalah unsur kalimat yang melengkapi predikat. Pelengkap biasanya berupa kata benda, frasa benda, atau kata ganti.

Objek adalah unsur kalimat yang dikenai pekerjaan oleh predikat. Objek biasanya berupa kata benda, frasa benda, atau kata ganti.

Berdasarkan strukturnya, kalimat dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya memiliki satu pola kalimat atau satu klausa.

Kalimat majemuk adalah kalimat yang memiliki dua pola kalimat atau lebih dari satu klausa.

Lihat Juga  Apa Itu Gengsi

Berdasarkan fungsinya, kalimat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah.

Kalimat berita adalah kalimat yang memberitakan atau menginformasikan sesuatu. Kalimat berita biasanya diakhiri dengan tanda titik.

Kalimat tanya adalah kalimat yang menanyakan sesuatu. Kalimat tanya biasanya diakhiri dengan tanda tanya.

Kalimat perintah adalah kalimat yang memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat perintah biasanya diakhiri dengan tanda seru.

Kalimat memiliki berbagai fungsi, antara lain:

Kalimat digunakan untuk menyampaikan informasi.

Kalimat digunakan untuk membujuk atau mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau emosi.

Kalimat digunakan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti meminta, menawarkan, atau menolak.

Apa Itu Kalimat dalam video

Leave a Comment