Materi Apa Beda Dna Dan Gen

Apa Beda Dna Dan Gen

DNA dan gen merupakan dua istilah yang sering dikaitkan dengan genetika. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar.

  • DNA
  • Gen
  • Perbedaan DNA dan gen

DNA adalah singkatan dari Deoxyribonucleic acid. DNA adalah molekul yang mengandung informasi genetik yang diturunkan dari induk ke keturunannya. DNA terdiri dari dua untai yang saling melingkar dan berpilin. Setiap untai DNA terdiri dari rangkaian nukleotida. Nukleotida terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:

Gen adalah unit terkecil dari DNA yang menentukan sifat suatu makhluk hidup. Gen terdiri dari urutan nukleotida yang khas. Urutan nukleotida ini menentukan protein yang akan diproduksi oleh sel. Protein merupakan molekul yang berperan penting dalam berbagai fungsi sel, seperti metabolisme, pergerakan, dan reproduksi.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara DNA dan gen:

Karakteristik DNA Gen
Definisi Molekul yang mengandung informasi genetik yang diturunkan dari induk ke keturunannya Unit terkecil dari DNA yang menentukan sifat suatu makhluk hidup
Struktur Terdiri dari dua untai yang saling melingkar dan berpilin Terdiri dari urutan nukleotida yang khas
Fungsi Mengandung informasi genetik yang diturunkan dari induk ke keturunannya Menentukan sifat suatu makhluk hidup

DNA dan gen merupakan dua istilah yang penting dalam genetika. DNA adalah molekul yang mengandung informasi genetik, sedangkan gen adalah unit terkecil dari DNA yang menentukan sifat suatu makhluk hidup.

WebBagaimana DNA dan Gen didapat? DNA dan gen ditularkan melalui garis keturunan. Blok pembangun DNA disebut nukleotida yang terdiri tiga bagian: gugus. Web13 April 2023. jelaskan hubungan antara gen dna dan kromosom –. DNA (Deoxyribonucleic Acid) adalah molekul yang memiliki kode genetik. DNA terbentuk dari rantai ganda yang. WebKOMPAS.com – Gen adalah bagian kromosom yang menjadi lokasi sifat-sifat keturunan atau yang faktor yang mempengaruhi keturunan. Gen terdiri dari DNA, yang. WebKromosom, gen, dan DNA merupakan komponen penting dari proses replikasi DNA. Kromosom adalah struktur yang mengandung DNA, dan gen adalah struktur kecil.

Lihat Juga  Apa Itu Defisit Kalori
Apa Beda Dna Dan Gen

Mengenal Gen, DNA, RNA, dan Kromosom | Biologi Kelas 12 – Belajar Gratis di Rumah Kapan Pun! | Blog Ruangguru – Source: Ruangguru

Apa Beda Dna Dan Gen

Apa Saja Perbedaan RNA dan DNA? Halaman all – Kompas.com – Source: Kompas.com

Apa Beda Dna Dan Gen

BIOLOGI TOPI BIRU: SUBSTANSI GENETIKA – Source: BIOLOGI TOPI BIRU: SUBSTANSI GENETIKA

Apa Beda Dna Dan Gen, Gen, DNA, Kromosom – Materi Genetik, 15.61 MB, 11:22, 94,768, Bebisik Channel, 2020-08-16T09:13:50.000000Z, 2, Mengenal Gen, DNA, RNA, dan Kromosom | Biologi Kelas 12 – Belajar Gratis di Rumah Kapan Pun! | Blog Ruangguru, Ruangguru, 565 x 927, jpg, , 3, apa-beda-dna-dan-gen

Apa Beda Dna Dan Gen. WebDNA. DNA (deoxyribonucleic acid) adalah materi genetik yang terdapat dalam tubuh setiap orang, dan diwarisi dari orang tua. DNA adalah unit informasi genetik. WebGenetika mempelajari perbedaan antara DNA, gen, dan kromosom. Dalam genetika, DNA (Deoksiribonukleat Asam) adalah molekul yang mengandung informasi.

Gen : kode-kode yang menyandi sifat
DNA : mengandung gen-gen
Kromosom : pengemas DNA

Basa nitrogen :
A : Adenin
T : Timin
C : Citosin
G : Guanin
masing-masing berpasangan, yakni A-T dan G-C.

Tonton juga video terkait yuk :
1. Kromatin, Kromosom dan kromatid : youtu.be/pCo2fGa_jH4
2. Autosom dan Gonosom :
youtu.be/mPgUjH-uw9g
3. Gen dan Alel : youtu.be/7aQ_vTYEdks
4. Struktur Kromosom : youtu.be/zYndyz0n-RY
5.Pembelahan sel : youtu.be/P5F8WmhG-kI

#histon #nukleosom #nukleotida

Mengenal Gen, DNA, RNA, dan Kromosom | Biologi Kelas 12 – Belajar Gratis di Rumah Kapan Pun! | Blog Ruangguru

Apa Beda Dna Dan Gen, WebKOMPAS.com – Gen adalah bagian kromosom yang menjadi lokasi sifat-sifat keturunan atau yang faktor yang mempengaruhi keturunan. Gen terdiri dari DNA, yang. WebKromosom, gen, dan DNA merupakan komponen penting dari proses replikasi DNA. Kromosom adalah struktur yang mengandung DNA, dan gen adalah struktur kecil.

Lihat Juga  Perlu diketahui Apa Itu Istilah Diksi

Gen, DNA, Kromosom – Materi Genetik

Gen, DNA, Kromosom - Materi Genetik

Source: Youtube.com

Apa beda Kromosom – DNA – Gene

Apa beda Kromosom - DNA - Gene

Source: Youtube.com

Leave a Comment