Apa Itu Anak Tantrum

Apa Itu Anak Tantrum video

Tantrum adalah ledakan emosi yang biasanya ditandai dengan sikap anak keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, membangkang, atau marah. Tantrum dapat terjadi pada anak-anak dari segala usia, tetapi paling sering terjadi pada anak-anak usia 1-3 tahun.

Tantrum dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

Gejala tantrum dapat berbeda-beda pada setiap anak, tetapi umumnya meliputi:

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantrum, antara lain:

Hal pertama yang perlu dilakukan saat anak tantrum adalah menenangkan diri sendiri. Jika orang tua juga marah, maka anak akan semakin sulit untuk dikendalikan.

Setelah tenang, coba cari tahu apa penyebab tantrum anak. Jika penyebabnya adalah sesuatu yang dapat dipenuhi, maka segera penuhi kebutuhan anak.

Jelaskan kepada anak mengapa Anda tidak dapat memenuhi permintaannya. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

Jika tantrum anak tidak membahayakan dirinya atau orang lain, cobalah untuk mengabaikannya. Tantrum biasanya akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Jika anak merasa lelah atau lelah, berikan pelukan hangat. Pelukan dapat membantu anak merasa lebih tenang.

Ajarkan anak cara mengekspresikan emosinya dengan cara yang tepat, seperti berbicara atau menggambar.

Jika tantrum anak sangat sering terjadi atau disertai dengan gejala lain, seperti agresif atau menyakiti diri sendiri, segera minta bantuan profesional.

Tantrum adalah hal yang normal terjadi pada anak-anak. Namun, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengatasi tantrum dengan tepat.

Lihat Juga  Apa Itu Fisika

Leave a Comment