Apa Itu Bank Jateng

Apa Itu Bank Jateng video

Bank Jateng adalah bank pembangunan daerah yang berkantor pusat di Semarang, Jawa Tengah. Bank ini didirikan pada tanggal 13 Maret 1963 dengan nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah. Bank Jateng merupakan bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama-sama dengan Pemerintah Kota/Kabupaten Se-Jawa Tengah.

Bank Jateng didirikan atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk Bank, yang secara khusus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di daerah. Pendirian Bank Jateng dipelopori oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakat dan tokoh pengusaha swasta di Jawa Tengah.

Ruang lingkup usaha Bank Jateng meliputi:

Bank Jateng menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, antara lain:

Struktur organisasi Bank Jateng terdiri dari Dewan Komisaris, Direksi, dan Pegawai. Dewan Komisaris bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian Bank Jateng. Direksi bertanggung jawab atas pengelolaan Bank Jateng. Pegawai bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan fungsinya masing-masing.

Bank Jateng senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerjanya. Pada tahun 2022, Bank Jateng berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp2,2 triliun. Laba ini meningkat sebesar 12,4% dari tahun sebelumnya.

Bank Jateng adalah bank pembangunan daerah yang berperan penting dalam pembangunan ekonomi Jawa Tengah. Bank ini menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa Tengah.

Lihat Juga  Apa Itu Gento

Leave a Comment