Apa Itu P5 Di Sd

P5 di SD merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. P5 di SD bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara utuh, mulai dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik, hingga sosial-emosional.

Profil Pelajar Pancasila merupakan profil pelajar Indonesia yang dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Profil Pelajar Pancasila mencakup enam dimensi utama, yaitu:

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek pada tahun 2022. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Kegiatan kokurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar kegiatan intrakurikuler. Kegiatan kokurikuler dapat berupa kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan projek.

P5 di SD merupakan salah satu upaya untuk memperkuat karakter peserta didik. P5 dapat menjadi sarana bagi peserta didik untuk belajar dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan P5 di SD:

Kegiatan P5 dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik di masing-masing satuan pendidikan.

Apa Itu P5 Di Sd dalam video

Lihat Juga  Apa Itu P5 Dalam Kurikulum Merdeka Sd

Leave a Comment