Apa Itu Anak Toddler

Apa Itu Anak Toddler video

Definisi

Anak toddler adalah anak yang berusia antara 12-36 bulan. Pada masa ini, anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, baik secara fisik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, maupun moral.

Fisik

Pada masa toddler, anak mengalami pertumbuhan fisik yang pesat, dengan rata-rata kenaikan berat badan sekitar 2 kg per bulan dan kenaikan tinggi badan sekitar 2,5 cm per bulan. Anak juga mulai belajar berjalan dan berlari, serta mengembangkan keterampilan motorik halusnya, seperti memegang pensil dan menggunting.

Kognitif

Pada masa toddler, anak mulai mengembangkan kemampuan kognitifnya, seperti kemampuan berpikir, mengingat, dan menyelesaikan masalah. Anak juga mulai belajar memahami konsep-konsep sederhana, seperti warna, bentuk, dan ukuran.

Bahasa

Pada masa toddler, anak mulai mengembangkan kemampuan bahasanya, seperti kemampuan berbicara, mendengarkan, dan memahami. Anak juga mulai belajar menggunakan kata-kata baru dan membentuk kalimat sederhana.

Sosial-Emosional

Pada masa toddler, anak mulai mengembangkan kemampuan sosial-emosionalnya, seperti kemampuan berinteraksi dengan orang lain, mengekspresikan emosi, dan mengendalikan diri. Anak juga mulai belajar untuk mandiri dan mengembangkan identitasnya sendiri.

Moral

Pada masa toddler, anak mulai mengembangkan kemampuan moralnya, seperti kemampuan memahami konsep baik dan buruk. Anak juga mulai belajar untuk mematuhi aturan dan norma sosial.

Masa toddler merupakan masa yang penting dalam perkembangan anak. Pada masa ini, anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat di berbagai aspek. Oleh karena itu, penting untuk memberikan stimulasi yang tepat kepada anak pada masa ini agar dapat mencapai potensinya secara optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengasuh anak toddler:

Lihat Juga  Apa Itu Jujur

* Berikan kasih sayang dan perhatian yang cukup kepada anak.
* Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak untuk bermain dan mengeksplorasi.
* Stimulasi perkembangan anak secara optimal, baik secara fisik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, maupun moral.
* Bersabarlah dengan anak dan hindari memaksakan kehendak kepada anak.

Anak toddler adalah anak yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat di berbagai aspek. Oleh karena itu, penting untuk memberikan stimulasi yang tepat kepada anak pada masa ini agar dapat mencapai potensinya secara optimal.

Leave a Comment