Apa Itu Teknisi Anbk

Apa Itu Teknisi Anbk video

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

Tugas teknisi ANBK adalah:

Teknisi ANBK adalah petugas yang bertanggung jawab atas semua hal teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan ANBK di satuan pendidikan. Teknisi ANBK harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam bidang komputer dan jaringan.

Tugas teknisi ANBK dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Sarana prasarana komputer yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ANBK meliputi:

Aplikasi ANBK adalah aplikasi yang digunakan untuk melaksanakan ANBK. Aplikasi ini berisi soal-soal AKM dan Survey Karakter. Aplikasi ANBK dapat diunduh dari situs web Kemendikbudristek.

Jika terjadi gangguan teknis pada komputer atau alat lainnya, teknisi ANBK harus dapat melakukan perbaikan atau penggantian alat tersebut.

Lihat Juga  Apa Itu Gagasan

Leave a Comment