Apa Itu P5 Pada Ikm

* P5
* IKM
* Profil Pelajar Pancasila
* Implementasi Kurikulum Merdeka
* Pembelajaran berbasis proyek
* Penguatan karakter dan kompetensi

P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 adalah salah satu bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 bertujuan untuk menguatkan karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang diharapkan oleh pendidikan Indonesia. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:

* Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
* Berkebhinekaan global
* Gotong royong
* Mandiri
* Bernalar kritis
* Kreatif

Implementasi Kurikulum Merdeka adalah upaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui proses pembelajaran yang lebih merdeka. IKM memberikan keleluasaan kepada pendidik dan peserta didik untuk memilih materi, metode, dan penilaian pembelajaran.

Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai sarana pembelajaran. Proyek merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan.

P5 merupakan salah satu upaya untuk memperkuat karakter dan kompetensi peserta didik. Melalui P5, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karakter dan kompetensinya melalui kegiatan-kegiatan proyek.

Berikut adalah contoh P5:

* Peserta didik melakukan proyek untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di sekolah.
* Peserta didik melakukan proyek untuk mempromosikan budaya daerahnya.
* Peserta didik melakukan proyek untuk memecahkan masalah sosial di masyarakat.

P5 merupakan salah satu bagian penting dari IKM. P5 bertujuan untuk menguatkan karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Melalui P5, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri secara holistik.

Apa Itu P5 Pada Ikm dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Nagari

Leave a Comment