Apa Itu Komputer

Komputer adalah alat elektronik yang menerima, menyimpan, dan memproses data menjadi informasi secara matematis atau logis sesuai dengan serangkaian instruksi yang diprogram. Program-program ini memungkinkan komputer untuk melakukan berbagai macam tugas.

Namun, pengertian komputer saat ini telah berkembang menjadi alat yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengolahan data, penyimpanan data, hingga komunikasi data.

Komputer terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:

Komputer dapat digolongkan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:

* Komputer pribadi (personal computer)
* Komputer server
* Komputer mainframe
* Komputer super
* Komputer analog
* Komputer digital
* Komputer generasi pertama
* Komputer generasi kedua
* Komputer generasi ketiga
* Komputer generasi keempat
* Komputer generasi kelima

Komputer memiliki berbagai fungsi, antara lain:

Komputer pertama kali diciptakan pada tahun 1946 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. Komputer tersebut bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). ENIAC merupakan komputer digital elektronik pertama yang menggunakan tabung vakum.

Sejak saat itu, komputer telah mengalami perkembangan yang pesat. Komputer generasi kelima saat ini telah menggunakan teknologi cerdas buatan (artificial intelligence).

Komputer adalah alat elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Komputer terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Komputer dapat digolongkan berdasarkan penggunaannya, arsitekturnya, dan generasinya.

Apa Itu Komputer dalam video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Raya Indonesia

Leave a Comment