Apa Itu Deskripsi

Deskripsi adalah penggambaran atau pemaparan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Objek yang digambarkan dalam teks deskripsi dapat berupa makhluk hidup, benda, tempat, atau peristiwa.

Berikut adalah ciri-ciri deskripsi:

Berdasarkan objek yang digambarkan, deskripsi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Teks deskripsi memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yaitu:

Bagian ini berisi pengenalan objek yang akan dideskripsikan. Penulis dapat memberikan gambaran umum tentang objek tersebut.

Bagian ini berisi penjelasan rinci tentang objek yang dideskripsikan. Penulis dapat menggunakan kata-kata yang spesifik dan melibatkan panca indera untuk membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami sendiri hal yang dideskripsikan.

Bagian ini berisi rangkuman atau kesan penulis tentang objek yang dideskripsikan.

Tujuan deskripsi adalah untuk menyampaikan gambaran yang jelas dan hidup tentang objek yang digambarkan kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca dapat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami sendiri hal yang dideskripsikan.

Berikut adalah contoh teks deskripsi tentang pantai:

Pantai adalah tempat yang indah dan menyegarkan. Di pantai, kita dapat menikmati pemandangan laut yang luas dan biru, pasir putih yang lembut, serta deburan ombak yang menenangkan.

Pantai biasanya dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pepohonan tersebut memberikan keteduhan di bawah terik matahari. Di pantai, kita juga dapat menemukan berbagai macam tumbuhan, seperti pohon kelapa, cemara, dan bakau.

Selain itu, pantai juga merupakan habitat bagi berbagai macam hewan, seperti ikan, burung, dan penyu. Ikan-ikan berenang di laut, burung-burung berterbangan di langit, dan penyu bertelur di pantai.

Pantai adalah tempat yang cocok untuk bersantai, berenang, bermain, dan berfoto. Pantai juga merupakan tempat yang cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Lihat Juga  Apa Itu Bank Bca

Apa Itu Deskripsi dalam video

Leave a Comment