Apa Itu Uke

Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawaii ditemukan sekitar tahun 1879. Alat musik ‘Ukulele’ dalam bahasa hawaii artinya ‘kutu loncat’.

Ukulele adalah alat musik petik yang terdiri dari empat senar. Senar-senar tersebut biasanya terbuat dari nylon. Ukulele memiliki ukuran yang lebih kecil dari gitar, sehingga lebih mudah untuk dibawa dan dimainkan.

Ukulele berasal dari Hawaii. Alat musik ini diperkirakan berasal dari alat musik Portugis yang disebut braguinha. Braguinha dibawa oleh para imigran Portugis ke Hawaii pada abad ke-19.

Di Hawaii, braguinha mengalami modifikasi hingga menjadi alat musik yang lebih kecil dan disebut uke. Ukulele menjadi populer di Hawaii dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Ada empat jenis ukulele yang umum digunakan, yaitu:

Ukulele dimainkan dengan cara dipetik. Jari-jari tangan kiri digunakan untuk menekan senar pada fretboard, sedangkan tangan kanan digunakan untuk memetik senar.

Belajar ukulele memiliki banyak manfaat, di antaranya:

Ukulele adalah alat musik yang populer dan memiliki banyak manfaat. Alat musik ini cocok untuk dimainkan oleh orang-orang dari segala usia.

simak Apa Itu Uke dalam sebuah video

Lihat Juga  Apa Itu Bank Emok

Leave a Comment