Apa Itu P5 Sd Kelas 4

Apa Itu P5 Sd Kelas 4 video

P5 adalah singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 merupakan salah satu komponen utama dalam Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Sekolah Dasar (SD) kelas 4. P5 bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan memiliki kecakapan digital.

P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mengajak peserta didik untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dirancang untuk memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.

P5 diterapkan di SD kelas 4 untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada fase B, yaitu fase di mana peserta didik mulai mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Profil pelajar Pancasila adalah profil yang diharapkan dimiliki oleh setiap pelajar Indonesia.

Imtaq adalah singkatan dari iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhlak mulia adalah sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Kebinekaan global adalah kesadaran dan sikap terbuka terhadap keberagaman budaya, agama, dan bangsa.

Mandiri adalah kemampuan untuk bertindak secara otonom dan bertanggung jawab atas tindakannya sendiri.

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara objektif.

Kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan cara-cara baru untuk memecahkan masalah.

Gotong royong adalah semangat kerja sama dan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.

Kecakapan digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dan bertanggung jawab.

Proses P5 di SD kelas 4 dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu:

Lihat Juga  Apa Itu Bank Notes Bca

Tema P5 dipilih oleh guru dan peserta didik bersama-sama. Tema yang dipilih harus sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik, serta relevan dengan lingkungan sekitar.

Setelah tema dipilih, guru dan peserta didik bersama-sama merencanakan proyek P5. Perencanaan meliputi tujuan, langkah-langkah kerja, dan sumber daya yang dibutuhkan.

Peserta didik melaksanakan proyek P5 sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Selama pelaksanaan, guru memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik.

Guru dan peserta didik bersama-sama mengevaluasi hasil proyek P5. Evaluasi dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan proyek dan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik.

Berikut adalah beberapa contoh proyek P5 yang dapat dilakukan oleh peserta didik SD kelas 4:

P5 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik SD kelas 4. P5 memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara aktif dan berkontribusi nyata terhadap lingkungan sekitar.

Leave a Comment